Wisata Embung Kledung Pesona Keindahan Alam Temanggung

23 Oktober 2017 14:18:40 WIB

 

Wisata Embung Kledung | Alampriangan.com – Bingung mencari desitinasi wisata pada libur akhir pekan? Bosan mengunjungi taman wisata yang sudah terlalu mainstream? Mungkin anda bisa memlih salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Temanggung, Embung Kledung.

 

Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro tepatnya di Desa Kledung Kecamatan Kledung Kabupaten temanggung. Embung ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.

 

Lokasi Embung Kledung Temanggung

Embung yang berada di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung dengan ukuran seluas 83 meter x 83 meter ini adalah embung buatan yang dibuat pada 2010. Embung yang berada di atas lahan bekas perkebunan tembakau seluas empat hektare ini dibangun dengan menggunakan dana hasil cukai tembakau (DBHCT) pada Th 2010.

Untuk mencapai Embung Kledung pun tidak terlalu susah. Jika Anda dari Jogja, cukup mengambil rute menuju Wonosobo melewati Temanggung dan Parakan. Dari Parakan Anda langsung menuju Desa Kledung.

Jika Anda sudah sampai di Desa Kledung, cukup bertanya kepada warga sekitar, seketika warga akan menunjukkan lokasi Embung Kledung berada. Waktu tempuhnya pun cukup singkat, hanya memakan waktu sekitar 2,5 jam-3 jam saja dari Jogja.

Kawasan Agrobisnis

Dulu, sebelum embung dibangun, hanya tanaman tembakau yang bisa bertahan di musim kemarau di wilayah ini. Kini, petani setempat juga bisa menanam tanaman lain, bisa buah-buahan, sayuran, bunga atau tanaman lain yang punya nilai ekonomi lebih tinggi.

Komentar atas Wisata Embung Kledung Pesona Keindahan Alam Temanggung

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kledung

tampilkan dalam peta lebih besar