Festival Kledung Ruwat Rigen

sisfoadmin 22 November 2018 14:32:59 WIB

Bisnis.com, TEMANGGUNG—Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berencana menggelar Festival Kledung pada 30-31 Mei 2015 untuk mempromosikan objek wisata daerah.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto di Temanggung, Jumat (15/5/2015), mengatakan festival digelar di area rihat Kledung yang sejuk, di dekat jalan raya Temanggung-Wonosobo, di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Kawasan rihat itu dilengkapi dengan pusat usaha kecil menengah yang menjual aneka produk unggulan daerah penghasil tembakau itu.

"Tidak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat objek wisata alam Posong yang saat ini mulai dikenal masyarakat," katanya.

Dikatakan, saat festival akan ada penampilan 15 kelompok kesenian tradisional, antara lain akan mempertunjukkan kepiawaian bermain lumping, bangilun, soreng, dolalak, topeng ireng, prajuritan, dan kontulan.

Selain itu juga akan ada festival kuliner, dan pelaksanaan ritual ruwat rigen, upacara tradisional untuk menyambut panen tembakau.

"Festival ini juga untuk melestarikan tradisi ruwat rigen di masyarakat setempat," katanya.

Komentar atas Festival Kledung Ruwat Rigen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Peta Lokasi Kledung

tampilkan dalam peta lebih besar